Langsung ke konten utama

Oleh-oleh Khas Betawi yang Enak, Murah dan Tahan Lama

 

Biji ketapang

Kue ketapang merupakan salah satu kue khas Betawi yang sangat lezat. Gak heran kalau jadi kue favorit, apalagi saat Lebaran.

Supaya rasanya gurih, keju, tepung, dan parutan kelapa menjadi bahan utamanya. Bentuknya yang kecil-kecil dan sedikit lonjong, REMIPOKERWIN dinamai biji ketapang, karena mirip biji ketapang.

Roti buaya


Oleh oleh yang tidak kalah menarik adalah roti buaya khas Betawi. Seperti namanya roti buaya ini berbentuk seperti buaya dengan ukuran yang cukup besar. Biasanya roti buaya diberikan sebagai seserahan dari mempelai pria kepada mempelai wanita saat pernikahan adat Betawi berlangsung.

Menurut filosofi Betawi, buaya melambangkan kesetiaan dan kemapanan yang menjadi bukti kesiapan mempelai laki-laki untuk menikah. Selain bentuk dan filosofinya yang dalam, roti buaya juga memiliki rasa manis gurih yang nikmat. Bahkan sekarang sudah banyak roti buaya yang memiliki varian rasa baru yang wajib untuk dicoba.

Anda pun tidak perlu menunggu adanya pernikahan untuk bisa membawa pulang roti buaya. Toko-toko roti atau kue khas Betawi sudah banyak yang menjual roti buaya bagi para wisatawan. Anda bisa mendapatkan satu buah roti buaya dengan harga sekitar Rp150.000,00 hingga Rp300.000,00 tergantung ukurannya


Putu Mayang


Jika Anda ingin oleh-oleh makanan khas Jakarta yang manis, kue putu mayang bisa menjadi pilihan. Putu mayang terbuat dari tepung beras atau tepung tapioka yang dibentuk seperti mie dan disajikan bersama kuah santan gula Jawa. Warna kue yang menarik serta rasa kuahnya yang manis gurih membuat putu mayang sangat cocok dijadikan buah tangan.

Kue putu mayang sering dicari saat bulan puasa sebagai salah satu hidangan untuk berbuka terutama bagi warga Betawi. Meski termasuk kue basah, putu mayang ini mampu bertahan cukup lama sehingga tetap aman meski dibawa perjalanan jauh. Kuah gula jawa atau kinca untuk kue ini juga dibungkus terpisah sehingga tidak akan basah atau pecah.

Anda bisa mendapatkan kue putu mayang hampir di setiap toko oleh-oleh khas Jakarta atau pasar tradisional di sekitar Jakarta. Untuk harganya pun sangatlah murah karena hanya berbekal Rp10.000,00 Anda sudah bisa mendapatkan sebungkus putu mayang dan kuahnya. Kue ini sangat cocok dinikmati saat bersantai REMIPOKERWIN keluarga di rumah.

Kue Kembang Goyang

Selain putu mayang, kue kembang goyang juga layak untuk Anda jadikan oleh-oleh dari jakarta saat pulang kampung. Kembang goyang masih termasuk jajanan khas Betawi yang sudah ada sejak lama dan masih bertahan hingga sekarang. Nama unik kembang goyang ini berasal dari proses pembuatannya yang harus menggoyang cetakan berbentuk bunga agar adonan terlepas saat digoreng.

Untuk membuat kembang goyang biasanya diperlukan tepung beras, tepung sagu, kelapa, wijen putih, dan santan yang dicampur menjadi adonan cair. Adonan tersebut kemudian digoreng menggunakan cetakan khusus berbentuk bunga yang sudah dipanaskan lalu digoyang-goyang agar adonan terlepas dari cetakan. Rasa original dai kembang goyang ini sebenarnya asin gurih namun sekarang sudah berkembang menjadi beberapa pilihan seperti pandan dan keju.

Kembang goyang ini biasa ditemukan saat lebaran idul fitri atau idul adha di setiap rumah warga Betawi di Jakarta. Namun jika Anda tertarik membelinya bisa memesan langsung di pusat oleh-oleh khas Jakarta atau toko makanan khas Betawi. Harga yang dibanderol juga cukup murah yakni sekitar Rp25.000,00 per kilogram REMIPOKERWIN  berbagai pilihan rasa bervariasi.

Kue Semprong


Kue semprong atau egg rolls merupakan jenis kue kering khas Betawi yang juga bisa Anda jadikan oleh-oleh. Nama semprong diambil dari bentuknya yang mirip dengan semprong alat tiup dari batang bambu untuk menyalakan api kayu bakar. Kue semprong sendiri terinspirasi dari egg rolls yang dibawa oleh penjajah Portugis saat pertama kali tiba di Jakarta.

Meski dengan bentuk sederhana, rasa kue semprong yang manis, gurih, dan renyah membuat kue ini menjadi favorit banyak orang. Bahkan saat ini sudah mulai banyak variasi kue Semprong yang bisa Anda temukan di Jakarta. Anda bisa mendapatkan kue semprong berbentuk segitiga atau kue semprong dengan aroma jahe yang semuanya bisa menjadi oleh-oleh yang nikmat.

Banyak toko oleh-oleh khas Jakarta yang menyediakan kue semprong dengan berbagai pilihan termasuk toko oleh-oleh khas Jakarta di Bandara. Bahkan Anda bisa mendapatkan oleh-oleh kue semprong ini menggunakan jasa sopir dari sejumlah tempat


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hobi Wisata Kuliner? 10 Makanan Khas Indonesia Ini Wajib Kamu Coba!

Tak perlu jauh-jauh, cukup #DiIndonesiaAja, Sobat Pesona bisa merasakan berbagai macam liburan seru, mulai dari wisata alam,  jalan-jalan di tempat bersejarah, hingga berwisata kuliner. Ya, liburan akan terasa kurang lengkap jika tak mencicipi aneka makanan khas Indonesia yang rasanya dijamin bikin nagih. Sebenarnya, ada banyak sekali makanan khas daerah-daerah di Indonesia, kita lihat yuk, beberapa di antaranya! 1 | Rendang Sobat Pesona tentu saja pernah mencicipi kuliner yang satu ini, bukan? Pasalnya, makanan yang satu ini menjadi salah satu sajian utama di setiap Rumah Makan Padang yang ada di seluruh penjuru negeri. Ya, apalagi kalau bukan rendang.  merupakan masakan yang berasal dari Minangkabau, terbuat dari olahan daging yang dimasak dengan bumbu rempah. Kuliner yang satu ini begitu digemari  REMIPOKERWIN   punya cita rasa yang lezat. Bahkan, tahun 2017 lalu, rendang dinobatkan sebagai makanan terenak nomor 1 versi CNN Travel, lho! Hebat, ya. 2 |  Pempek Bicara tentang makanan

MAKANAN NUSANTARA

  Rendang paha ayam organik. Bahan: - 4 paha ayam organik - 2 buah kentang, potong-potong - 2 butir telur rebus - 1 lembar daun kunyit, iris - 4 lembar daun jeruk - 2 lembar daun salam - 1 bungkus kerisik atau kelapa parut kering - 200 ml santan dan air - Garam - Gula malaka - Penyedap rasa Bahan halus: - 8 butir bawang merah - 3 butir bawang putih - 1 cm kunyit - 1 cm jahe - 1 cm lengkuas - 2 batang serai - 3 buah cabai rawit - 3 buah cabai merah Cara membuat: - Goreng kentang, sisihkan. - Panaskan minyak, tumis bahan halus sampai kering dan pecah minyak. - Masukkan ayam tumis sebentar, kemudian masukkan santan dengan air, aduk rata. - Masukkan kerisik, daun jeruk, daun salam, dan daun kunyit. - Kemudian masukkan kentang dan telur rebus, tambahkan garam, gula malaka, dan penyedap rasa. - Masak dengan api kecil sampai air kering, jika ingin berkuah jangan masak sampai kering. 2. Gulai ayam. Bahan: - 1/2 ekor ayam - 1 buah jeruk nipis - 1 batang serai geprek - 2 lembar daun salam - 2 le

YUUU COBAIN MAKANAN INTERNASIONAL

1. Omurice. Bahan-bahan: - 300 gram nasi - 1 daging paha ayam, direbus lalu disuwir - 1 sdm kecap manis - 1 sdm minyak zaitun - 1 sdt kecap asin - 1/2 butir bawang bombay, dicincang - Garam - Lada bubuk Bahan omelet: - 1 butir telur - 1 sdm minyak zaitun - 1 sdm susu - 3 sdm keju cheddar Cara membuat: 1. Tumis bawang bombay dengan minyak zaitun. 2. Masukkan nasi dan daging ayam suwir, aduk rata. 3. Masukkan garam, kecap asin, lada bubuk, dan kecap manis. 4. Setelah semua bumbu tercampur rata di nasi goreng, sisihkan. 5. Untuk membuat omelet, kocok telur dengan keju dan susu. 6. Buat telur dadar di wajan anti lengket. 7. Letakkan telur dadar di piring, kemudian letakkan nasi goreng. 8. Bungkus nasi goreng dengan omelet. 9. Hias dengan menggunakan saus remipokergacor   atau saus tomat 2. French toast. Bahan-bahan: - 2 butir telur ayam - 2 sdm gula pasir - 2 sdm susu cair - 4 lembar roti tawar - minyak atau mentega secukupnya Cara membuat: 1. Kocok lepas telur, gula, dan susu di mangkuk