Langsung ke konten utama

Makanan Khas Ternate yang Wajib Anda Coba

 Ternate menjadi kota yang mendapat julukan The Spice Islands karena terkenal sebagai kota penghasil rempah-rempah. Banyak kuliner dan makanan khas yang tersaji dari hasil kekayaan alam Ternate yang layak Anda coba cicipi.

Bila kita berbicara perihal kuliner khas daerah timur Indonesia, pasti yang langsung terlintas adalah makanan papeda. Namun, masih banyak kuliner lain yang mempunyai rasa yang sedap dan nama unik-unik bin aneh. Kota Ternate ialah bagian daerah administrasi Maluku Utara, kepulauan Indonesia. Kota ini banyak dipenuhi pegunungan dan perbukitan.

Dalam sejarah, Anda pasti sering melihat kata “Maluku” berlalu-lalang dalam bab kolonialisme barat. Daerah ini menjadi jujukan tiga bangsa barat untuk berebut menguasai hasil alamnya. Yaitu rempah-rempah. Terkhusus pala dan cengkih. Kota remipoker APK menjadi saksi pertama kalinya tanah tersebut dipijak oleh kolonialisme barat. Bahkan, pos dagang juga didirikan.Karena topografi dari Kota Ternate yang masuk dataran tinggi dan banyaknya rempah-rempah dihasilkan, banyak jenis makanan dengan rasa kuat dan pedas menjadi sebuah kebudayaan. Jadi bila Anda berkunjung ke kota ini, ayo jajal kulinernya! Pasti banyak kuliner yang membuat Anda terkejut dari segi rasa. Berikut daftar makanan khas Ternate yang terkenal.

1. Papeda


Papaeda merupakan olahan kuliner dari tepung sagu. Kuliner ini identik dengan daerah Maluku dan Papua. Bila di Jawa makanan utama adalah nasi, di Ternate makanan utamanya yaitu papeda. Secara visual, makanan ini tampak seperti lem yang dibuat dari tepung kanji. Putih bening dan lengket.

Bisa dibilang, papeda adalah versi ramah makanan dari lem kanji. Tenang saja, Anda tidak akan keracunan atau masuk rumah sakit usai mencoba kuliner ini. Kuliner ini dapat dijadikan sebagai sandingan sayur bunga pepaya, ikan tongkol, tumis kangkung, atau tumis ikan mubara. Penyajian kuliner ini dihidangkan kala selesai masak pada suhu ruangan.

2. Ikan Asap

Di Ternate, kuliner lain yang menjadi ciri daerah ini ialah ikan asap. Selama pengolahan, proses pembuatan kuliner ini hanya menggunakan sedikit minyak. Untuk itu, Anda yang sedang menghindari makanan berminyak bisa mengonsumsi ikan ini sebanyak mungkin tanpa perlu khawatir wajah akan berjerawat.

Biasanya, ikan yang diasap adalah ikan fufu, cakalang, komu asar, dan tuna. Kelebihan dari kuliner ini adalah tingkat keawetannya yang mampu remipoker APK hingga tujuh hari. Cocok kan untuk dijadikan oleh-oleh tetangga sebelah rumah?

Seringnya kuliner ini dikonsumsi bersama nasi, kerupuk, dan colo-colo. Baunya yang harum sangat menggoda iman dompet. Meskipun begitu, kandungan yang dapat Anda peroleh setelah memakannya adalah protein, vitamin B12, A, dan D.

3. Lapis Palaro



Selain rendang, lapis palaro juga menjadi kuliner populer yang menggunakan bahan baku daging sapi. Namanya memang tidak seterkenal rendang, namun lapis ini juga dibuat dengan bumbu rempah sehingga memiliki rasa kuat.

Kuliner ini merupakan versi pedas dari makanan rendang. Anda yang suka pedas sudah pasti sangat menikmati masakan ini. Sekedar info, daging dalam kuliner ini disajikan dalam bentuk pipih. Ada yang mengolah dagingnya dengan digoreng baru dibumbui, ada pula yang direbus lalu disangrai bersama bumbu.

4. Halua Kenari

Halua kenari merupakan camilan lokal warga Ternate yang terbuat dari gula merah dan kacang kenari. Bentuknya dibuat abstrak dengan warna cokelat khas gula merah. Kuliner ini bisa menjadi makanan diet karena mengandung protein.

Kuliner ini bisa menjadi tambahan resep pribadi Anda di rumah, Caranya, cukup menyiapkan kenari panggang sebanyak lima ratus gram, satu sdm gula remipoker APK , satu sdt garam, 225 gram gula merah, dan seratus mililiter air. Lalu, kesemua gula dan air dilelehkan. Setelah itu, campur dengan kenari dan taburkan garam. Halua kenari sudah jadi. Bentuk kecil-kecil agar mudah memakannya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hobi Wisata Kuliner? 10 Makanan Khas Indonesia Ini Wajib Kamu Coba!

Tak perlu jauh-jauh, cukup #DiIndonesiaAja, Sobat Pesona bisa merasakan berbagai macam liburan seru, mulai dari wisata alam,  jalan-jalan di tempat bersejarah, hingga berwisata kuliner. Ya, liburan akan terasa kurang lengkap jika tak mencicipi aneka makanan khas Indonesia yang rasanya dijamin bikin nagih. Sebenarnya, ada banyak sekali makanan khas daerah-daerah di Indonesia, kita lihat yuk, beberapa di antaranya! 1 | Rendang Sobat Pesona tentu saja pernah mencicipi kuliner yang satu ini, bukan? Pasalnya, makanan yang satu ini menjadi salah satu sajian utama di setiap Rumah Makan Padang yang ada di seluruh penjuru negeri. Ya, apalagi kalau bukan rendang.  merupakan masakan yang berasal dari Minangkabau, terbuat dari olahan daging yang dimasak dengan bumbu rempah. Kuliner yang satu ini begitu digemari  REMIPOKERWIN   punya cita rasa yang lezat. Bahkan, tahun 2017 lalu, rendang dinobatkan sebagai makanan terenak nomor 1 versi CNN Travel, lho! Hebat, ya. 2 |  Pempek Bicara tentang makanan

MAKANAN NUSANTARA

  Rendang paha ayam organik. Bahan: - 4 paha ayam organik - 2 buah kentang, potong-potong - 2 butir telur rebus - 1 lembar daun kunyit, iris - 4 lembar daun jeruk - 2 lembar daun salam - 1 bungkus kerisik atau kelapa parut kering - 200 ml santan dan air - Garam - Gula malaka - Penyedap rasa Bahan halus: - 8 butir bawang merah - 3 butir bawang putih - 1 cm kunyit - 1 cm jahe - 1 cm lengkuas - 2 batang serai - 3 buah cabai rawit - 3 buah cabai merah Cara membuat: - Goreng kentang, sisihkan. - Panaskan minyak, tumis bahan halus sampai kering dan pecah minyak. - Masukkan ayam tumis sebentar, kemudian masukkan santan dengan air, aduk rata. - Masukkan kerisik, daun jeruk, daun salam, dan daun kunyit. - Kemudian masukkan kentang dan telur rebus, tambahkan garam, gula malaka, dan penyedap rasa. - Masak dengan api kecil sampai air kering, jika ingin berkuah jangan masak sampai kering. 2. Gulai ayam. Bahan: - 1/2 ekor ayam - 1 buah jeruk nipis - 1 batang serai geprek - 2 lembar daun salam - 2 le

YUUU COBAIN MAKANAN INTERNASIONAL

1. Omurice. Bahan-bahan: - 300 gram nasi - 1 daging paha ayam, direbus lalu disuwir - 1 sdm kecap manis - 1 sdm minyak zaitun - 1 sdt kecap asin - 1/2 butir bawang bombay, dicincang - Garam - Lada bubuk Bahan omelet: - 1 butir telur - 1 sdm minyak zaitun - 1 sdm susu - 3 sdm keju cheddar Cara membuat: 1. Tumis bawang bombay dengan minyak zaitun. 2. Masukkan nasi dan daging ayam suwir, aduk rata. 3. Masukkan garam, kecap asin, lada bubuk, dan kecap manis. 4. Setelah semua bumbu tercampur rata di nasi goreng, sisihkan. 5. Untuk membuat omelet, kocok telur dengan keju dan susu. 6. Buat telur dadar di wajan anti lengket. 7. Letakkan telur dadar di piring, kemudian letakkan nasi goreng. 8. Bungkus nasi goreng dengan omelet. 9. Hias dengan menggunakan saus remipokergacor   atau saus tomat 2. French toast. Bahan-bahan: - 2 butir telur ayam - 2 sdm gula pasir - 2 sdm susu cair - 4 lembar roti tawar - minyak atau mentega secukupnya Cara membuat: 1. Kocok lepas telur, gula, dan susu di mangkuk